Kunjungan Kerja Komandan Seskoad di Purwakarta, Fokus pada Ketahanan Pangan


Reksaradio.com
Komandan Seskoad, Mayor Jenderal TNI Agus Prangarso, S.Sos disambut meriah oleh masyarakat Desa Gandasoli, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, pada Selasa, 2 Juni 2024.

Kegiatan tersebut merupakan kunjungan kerja dalam rangka pemantauan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan study Wilayah Pertahanan (KKL Wilhan) Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) Angkatan LXIV Tahun 2024 di wilayah Kodim 0619/Purwakarta. 

Kegiatan yang dilaksanakan adalah peninjauan pelaksanakan penyuluhan kepada Kelompok Tani dan masyarakat  yang di Fasilitas Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Inf Ardiansyah atau perwira TNI yang mendapat julukan Raja Aibon Kogila dan diprakarsai oleh Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Purwakarta, juga dibantu oleh Pasis Dikreg Seskoad XLIV.

Kemudian kegiatan dilanjutkan peninjauan sawah yg dikelola oleh kelompok Tani dimana dalam pengelolaannya menggunakan pupuk Kimia dan pupuk Nusantara. Setelah itu, kegiatan berlanjut ke kegiatan Bakti Sosial pemberian paket sembako kepada masyarakat. 

Dalam peninjauannya Dansekoad berpesan kepada para Pasis Dikreg LXIV Seskoad TA 2024 agar melaksanakan penelitian dengan sungguh sungguh dengan harapan hasil penelitian dapat bermanfaat bagi masyarakat Purwakarta khususnya para Petani. 

"KKL Wilhan kali ini berfokus pada penguatan ketahanan pangan Indonesia dengan menitikberatkan pada pemahaman, penilaian, dan penerapan strategi yang efektif di lapangan," Ungkap Mayor Jenderal TNI Agus Prangarso. 

Dirinya juga menjelaskan berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, termasuk kondisi geografis, sumber daya alam dan kebijakan yang telah diterapkan.

“Para Pasis Dikreg Seskoad Angkatan LXIV akan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan ketahanan pangan, termasuk kunjungan ke lokasi-lokasi strategis, dialog dengan para Petani, serta pelatihan dan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam bidang pertanian,” pungkasnya.

Diketahui Kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 1 Juli sampai dengan 5 Juli tersebut diikuti oleh 12 Pasis Dikreg Seskoad dan didampingi 3 Pembina. Yang mana kegiatan akan meliputi study banding dan anjangsana dengan bersilaturahmi ke berbagai Instansi antara lain Polres, DPRD, Pemkab dan berbagai Dinas di Kabupaten Purwakarta.